KBM Kelas 5

TV LED (Light Emitting Diode) adalah televisi menggunakan teknologi dioda yang dapat memancarkan cahaya pada saat mendapat arus bias maju (forward bias), yang artinya LED akan memancarkan cahaya apabila diberikan tegangan listrik dengan konfigurasi forward bias. LED dibuat agar lebih efisien jika mengeluarkan cahaya.

Dengan adanya TV LED Peserta didik tidak perlu lagi dipaksa menatap papan putih yang penuh dengan tulisan guru dan kadang jauh dari nilai indah. Lengah sedikit saja, kemungkinan siswa akan kehilangan penjelasan guru yang tidak terwakili oleh coretan guru di papan tulis. Berikut ini beberapa manfaatyang dapat diperoleh  dari penggunaan TV LED antara lain sebagai berikut:

  1. Memberikan pengalaman baru bagi peserta didik sehingga minat belajar makin tumbuh. Kegiatan belajar mengajar dengan pola mendengar dan mencatat sedikit demi sedikit bergeser. Sehingga peserta didik seolah diberikan pemahaman bahwa kegiatan belajar dapat dilakukan dengan metode yang lain dan justru lebih menarik karena disertai tayangan gambar yang terkesan lebih hidup.
  2. Penyampaian materi pelajaran menjadi lebih jelas jika penjelasan disertai dengan gambar, symbol dan animasi atau bahkan dengan bunyi musik, maka verbal (bahasa lisan) yang abstrak dapat dengan jelas dipahami.
  3. Pendidik dapat memvisualisasikan materi dengan jelas. Umpamanya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, ketika guru menjelaskan tentang tata cara berwudhu yang baik dan benar maka divisualisasikanlah orang yang berwhudu’ dalam format videonya.
  4. Menumbuhkan sikap pro aktif peserta didik dalam belajar. Artinya, peserta didik hanya membutuhkan waktu singkat untuk memperhatikan materi, kemudian akan nampak jika ada tayangan yang kurang jelas hingga kemudian memunculkan pertanyaan dari siswa tanpa disadari.
Guru menjelaskan materi pelajaran menggunakan TV LED
Posted on: October 23, 2018, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *